Minggu, 22 Mei 2011

Senyum adalah Sedekah

Senyum adalah ibadah. itulah yg sering kita dengar. Meskipun terkadang kita lupa krn terbawa suasana hati yang lagi BeTe....
Sebenarnya senyum itu dpt menyejukkan suasana hati orang lain, itulah yang aku rasakan dari teman yang bernama Ratna...teman sekantor tapi sekarang dia sdh mengundurkan diri. Walaupun umur kami tidak cuma selisih 1 tahun, tua aku malahan trus punya anak 2 pada waktu itu, tapi etika, sikap dan tutur bahasanya jauh lebih baik ketimbang ak yg sudah mempunyai anak2. Ketika dia pergi, sejujurnya aku merasa kehilangan seorang panutan. Ratna selalu tersenyum kepada siapapun lawan bicaranya dan selalu berusaha menyenangkan hati orang lain. Itulah yang aku rasakan saat dia masih satu ruangan denganku.

Inilah Tips agar Senyum bernilai Ibadah :
  1. Biasakan berfikiran positif sehingga mampu melihat dunia dengan cerah, penuh harapan dan persahabatan. Iklim batin sangatlah berpengaruh, jadi konsistenlah berfikir yang baik baik.
  2. Munculkan senyuman dari hati yang paling dalam.
  3. Selain bertujuan memberikan kenyamanan, senyum jg bertujuan mengharga iorang lain. Kalau senyuman mengandung muslihat,cemohan dan sejenisnya justru membuat dosa karena merendahkan orang lain. Maka perkuatlah tujuan senyum sebagai ibadah dan untuk menghargai makhluk Allah yang lain.
  4. Hindari mulut tersenyum tapi hati mencibir. Ini lah sifat yang muna kata orang heheheee....dapat merusak keharmonisan. Jangan dikira senyuman kita itu tidak dapat dibaca oleh orang lain.
  5. Niatkan kita tersenyum untuk membahagiakan orang yang mungkin hatinya sedang susah atau fikirannya sedang gundah gulana.
Mudah di ungkapkan tapi belum tentu mudah untuk dillaksanakan. Tapi jujur senyuman seseorang dapat menyejukkan hati...itulah kesimpulan yg aku rasakan....
Semoga bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar