Jumat, 27 Mei 2011

Kapurung Palopo

Sepulang kerja aku bingung memikirkan ingin berbuka puasa dgn apa, masuk ke kamar untuk merebahkan diri sejenak di tempat tidur sambil mengingat ada bahan apa aja sih di kulkas. 
Pingin makan di luar udah setiap hari krn kerja jarang bawa sangu/bekal makan siang. Pingin yang bening-bening seperti masakan kampung aja pasti lebih enak, pikirku...
Begitu beranjak keluar kamar .... eeehhh Bpnya anak-anak sudah mulai membuat KapuRung (makanan khas PaloPO Sul-Sel). Wuuuiihhh, seneng...? pastilah yaa... krn aku sendiri ngak pernah berhasil bikin Adonan KapuruNG ini. Rupanya papa tau kalau aku sedang bingung heheh makasih ya pa...Jadi ingat waktu Hamil sering minta dibuatin Kapurung tapi ngak pake lombok. 
Kata dokter kandungan (Suhartini) Ibu hamil juga bagus makan Sagu/Tapioka terutama yang punya penyakit magh,mabok & susah makan seperti aku.

Karena di Samarinda susah cari Sagu jadi papa menggantinya memakai Tapioka Rosebrand (kanji kalo orang biasa bilang sih).
Setau saya caranya begini nih :
Bahan :
  1. 250 gr Sagu / Tapioka
  2. 2 Ekor Ikan Bandeng Besar (dibakar) bisa diganti ayam Bakar atau sarden.
  3. 1 piring kecil Teri biasa (digoreng kering.)
  4. 2 bh Tomat Bakar
  5. Lombok secukupnya
  6. 2 ikat Bayam(bisa diganti)
  7. 2 ikat kacang panjang(bisa diganti)
  8. 2 ikat kangkung(bisa diganti)
  9. 3 liter Air mendidih untuk menyiram Sagu/Tapioka
  10. 1 Terasi Udang di bakar kalau suka
  11. Garam Vitsin secukupnya.
  12. Jeruk nipis
Cara Membuatnya :
Masak air sampai mendidih.
Sementara itu Rebus semua bahan Sayur-Sayuran & tiriskan, air sayur dimasukkan di baskom atau wadah yang agak besar. Beri Garam secukupnya.

Sambil menunggu Sayurnya matang, Bakar Ikan BAndeng/ayam bakar/sarden kemudian ambil 1 ekor lalu potong menjadi 2, 1 bagian di buang tulangnya trus dilumatkan.
Nah ini sesi yang paling susah menurut aku. Beri sedikit air Tapioka sampai menjadi adonan yang kental kemudian siram  dengan air mendidih sampai adonannya terlihat agak bening lalu aduk sekutanya sambil dibanting banting didalam baskom sampai semua adonan tampak bening.
Bulatkan kecil kecil ke dalam air sayur yang telah dipisahkan.Sesekali diaduk biar ngak nempel satu dgn yang lain. Jangan lupa garam vitsin nya..


Tomat, Terasi, Lombok, Bandeng Bakar/Ayam Bakar/Sarden tanpa tulang di ulek sampai hancur. Kemudian masukkan ke dalam air sayur yg sudah ada adonannya dan aduk rata.
Ngak sempat ambil Foto yg sudah tercampur semua bumbu dan ikan bakarnya sdh keburu dimasukkan ke dlm adonannya.



 Goreng Teri sampai Matang






Nah ini yang sudah dicampur dalam 1 mangkok. Kalau yang tidak pernah lihat & tidak bisa makan pasti ngeliatnya AAAAnnneeehhh....
Di rumah hanya kami tertiga (saya, papa, aulia) yg bisa makan Kapurung ini. Kalau si kakak Yura bilang " IIIhhh geli ma liat adonannya kayak lem"
Hahahahaaa....bener juga sih.
Tapi kalu sudah dicampur jeruk nipis ..... aaaahahh pada lupa berhenti loh...


 Siapkan dimeja makan : 
  • Kapurung
  • Sayur-sayuran
  • Ikan Bandeng Bakar
  • Teri Goreng
  • Sambel
  • Jeruk Nipis (kurang sedap tanpa jeruk nipis.
Selesai Sudah Hidangan berbuka puasaku...Sekali lagi Makasih papa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar